Jumat, 21 Desember 2018

Promosi dan Pemindahan


Promosi
Kesempatan untuk maju didalam suatu organisasi dinamakan dengan promosi. Suatu promosi berarti pemindahan dari suatu jabatan ke jabatan yang lain yang mempunyai status dan tanggung jawab yang lebih tinggi.

Syarat – syarat yang perlu ditetapkan dalam melaksanakan ppromosi, yaitu:
·         Pengalaman
·         Tingkat Pendidikan
·         Loyalitas
·         Kejujuran
·         Kepandaian Bergaul
·         Tanggung Jawab
·         Prestasi Kerja
·         Inisiiatif Dan Kreatif

Jalur promosi
Pernyataan – pernyataan yang berada dalam pikirin para karyawan atau calon karyawan sebagai berikut:
1.      Menuju jabatan apa jabatan itu
2.      Demi jabatan apa kita akan dipromosikan ke jabatan ini
Berbagai Dasar Promosi
1.      Pengalaman
2.      Kecakapan
3.      Kombinasi Pengalaman Dan Kecakapan

Kecakapan Kerja Versus Senioritas
·         Kecakapan Kerja
Terdapat perubahan organisasi, perubahan cara kerja dan perubahan hubungan kerja. Umumnya tidak sulit diterima dan mudah untuk menyesuaikan diri.

·         Senioritas
Terdapat perubahan organisasi, perubahan cara kerja dan perubahan hubungan kerja. Umumnya sulit diterima karena sudah terbiasa dengan cara lama yang biasa dilakukan.

Untuk lebih jelas dan terukur perusahaan dapat membuat persyaratan seperti:
·         Persyaratan Promosi
·         Pengalaman
·         Pendidikan
·         Kondite
·         Masa Kerja Diperusahan

Penurunan (Demotion)
Demosi adalah perpindahan karyawan dari suatu jabatan ke jabatan yang lebih rendah didalam suatu organisasi, wewenang, tanggung jawab, pendapatan serta statusnya.
Tujuan Demosi adalah untuk menghindari kerugian perusahaan, memberikan jabatan/posisi, gaji dan status yang tepat sesuai dengan kemampuan kecakapan karyawan yang bersangkutan.

Pemindahan

Memindahkan karyawan dari suatu jabatan ke jabatan lain dalam satu tingkatan organisasi secara horizontal tanpa adanya peningkatan tanggung jawab, kekuasaan maupun gaji.
Dasar pemindahan
1.      Karyawan yang Bersangkutan
2.      Kehendak Perusahaan
Pemindahan pegawai karena keinginan perusahaan dapat terjadi sbb:
1.      Kebutuhan untuk menyesuaikan sementar, misalnya seseorang tidak masuk kerja
2.      Mengatasi keadaan darurat karena fluktuasi volume kerjaan
3.      Kebutuhan latihan, misalnya rotasi jabatan
4.      Kebutuhan ploeg pekerja
Rencana Promosi dan Pemindahan
1.      Hubungan horizontal dan vertikal dari masing – masing jabatan
2.      Penulisan kecakapan pegawai
3.      Ramalan lowongan dan data pegawai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar