PENGANTAR
BISNIS MINGGU 1
DEWI NURJANAH (21215791)
RIVA OKTAVIYANDARI (26215085)
1EB20
1. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan bisnis, menurut kelompok anda dan berikan 20 contoh
bisnis nyata (universal).?
Jawab..
Bisnis adalah suatu kegiatan menjual
barang atau jasa dengan tujuan untuk memperoleh laba.
Contohnya :
Service
Motor / Mobil
|
Tukang Jahit
|
Online
shop
|
Toko Buku
|
Salon
|
Yayasan
|
Gojek
|
Barber shop
|
Restaurant
|
Toko Sepatu
|
Butik
|
Laundry
|
Pedagang
|
Penyalur Baby Sister
|
Supermarket
|
Toko Bangunan
|
Pasar Tradisional
|
Jasa Pengiriman Barang
|
Toko Sembako
|
Toko Mainan dan
Asesoris
|
2. Berikan
alasan mengapa orang belajar bisnis dan jelaskan masing-masing alasan
tersebut.?
Jawab..
- Mensejahterakan orang yang disekitar kita dengan cara membuka lapangan kerja baru yang akan berdampak pada orang-orang disekitarnya
- Belajar untuk mendapatkan laba dari apa yang kita kerjakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
- Untuk mengajarkan tentang kerja keras, dan memanfaatkan segala peluang yang ada untuk meraih kesukseskan dalam memperoleh bisnis.
3. Jelaskan
dengan 1 contoh nyata (UNIVERSAL) mengenai hakikat bisnis.?
Jawab..
Hakikat Bisnis adalah memasarkan suatu
produk agar kita mendapatkan keuntungan. Produk itu bisa berupa barang ataaupun
jasa.
Contohnya
Rancangan Pemasaran Usaha cetak foto pada Kaos dan Mug.
Untuk
mencapai keuntungan sesuai dengan hakikat bisnis, sebuah perusahaan harus dapat
mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan apa saja yang akan terjadi. Seperti
produk apa yang akan diminati banyak orang? ,berapa harga yang harus di bayar
untuk membeli sebuah produk yang dijual.? Atau Lokasi mana sajakah yang
strategis dalam melakukan pemasaran?
Banyak
orang yang bingung untuk mengatasi masalah ini sehingga mereka tidak mau terjun
dalam dunia wirausaha. Untuk mengatasi masalah itu, seperti yang dilakukan oleh
perusahaan CV Media Foto dalam memasarkan produknya berupa Cetak foto pada Mug
dan Kaos, mereka melakukan penjualan di tempat yang ramai seperti mall, plaza,
atau tempat rekreasi. sebagai tahap pemulaan, maka perusahaan mengutamakan
penjualan di wilayah jabodetabek dengan menawarkan kerjasama dengan usaha cuci
cetak foto.
Mengetahui arus kas sangat penting untuk
mempertahankan bisnis agar berjalan normal. Perkiraan arus kas adalah rencana
yang menunjukkan berapa kira-kira uang yang masuk dan keluar dari bulan ke
bulan dalam jangka pendek.
Untuk
menjalankan bisnis dengan baik, maka perusahaan harus mengetahui berapa banyak
uang yang diterima, berapa banyak uang yang dikeluarkan, apa saja yang perlu di
beli, dan kapan melakukan banyak transaksi. Catatan keuangan merupakan sebuah
petunjuk kondisi perusahaan, karna dengan adanya catatan keuangan kita bisa
mengetahui apakah selama ini kita telah mencapai hakikat bisnis atau belum.
Perhitungan untuk melihat proyeksi usaha juga sangat penting untuk mencapai
hakikat bisnis, Seperti yang dilakukan oleh perusahaan CV Media Foto, mereka
memperhitungkan beberap hal yang penting seperti dibawah ini:
·
Foto Kilat diatas kaos
dan mug pasti banyak peminatnya khususnya ditempat keramaiuan seperti mall,
atau tempat wisata.
·
Modal sebesar 20.000.000
untuk membeli mesin cetak printer, computer dan kamera digital diperkirakan
bisa balik paling lambat dalam waktu satu tahun.
Pengeluaran
URAIAN
|
PENGELUARAN PER BULAN
|
Harga
bahan baku Rp. 10.000/Kaos, mug Rp. 5.000/buah. Sehari dibutuhkan 10 kaos dan
10 mug.
Rp. 10.000 + Rp. 5000 = Rp. 15.000 X 10 X 30 hari
|
Rp. 4.500.000
|
Tinta
Print perkaos dan mug masing-masing Rp. 3.000 jadi perbulan dibutuhkan tinta
Rp. 3.000 X 20 X 30 =
|
Rp. 1.800.000
|
Gaji
Karyawan
|
Rp. 1.000.000
|
Sewa
Tempat
|
Rp. 1.000.000
|
Promosi
dan lain-lain
|
Rp. 500.000
|
Total
Pengeluaran
|
Rp. 8.800.000
|
Pendapatan
URAIAN
|
PENDAPATAN
PER BULAN
|
Harga
jual kaos Rp. 30.000, 10 buah terjual per hari:
Rp. 30.000 X 10 X 30
|
Rp. 9.000.000
|
Harga
jual mug Rp. 20. 000/buah, terjual 10 buah per hari Rp. 20.000 X 10 X 30
|
Rp. 6. 000.000
|
Total
Pendapatan
|
Rp. 15. 000.000
|
Dengan melihat perhitungan diatas :
keuntungan kotor yang bisa didapatkan
sebesar Rp. 15.000.000- Rp. 8.800.000 = Rp. 6.200.000. dengan keuntungan sebsar
itu maka dalam waktu 4 bulan saja sudah terkumpul keuntungan sebesar Rp.
6.200.000 X 4 = Rp. 24.800.000 yang artinya modal sebesar Rp. 20.000.000 sudah
balik. Jika omsetnya separuh dari perhitungan diatas, maka sekitar 8 bulan
sudah balik modal. Angka ini menunjukkan usaha tersebut snagatlah prospektif
dan sudah sesuai hakikat bisnis.
4. Sebutkan
apa saja faktor lingkungan internal dan eksternal berikan alasan.?
Jawab..
Kegagalan atau keberhasilan suatu
bisnis dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal.
A.
Faktor
Internal
-
Kekuatan
-
Kelemahan
B.
Faktor
Eksternal
-
Peluang
-
Ancaman
Mengapa
Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman berpengaruh dalam kegagalan dan keberhasilan suatu
bisnis? Bagaimana menentukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bisnis?
Misalkan suatu pengusaha memiliki modal
yang memadai, maka hal tersebut bisa menjadi kekuatan bisnis pengusaha
tersebut. Meskipun memiliki modal, tetapi sumber daya manusia yang pengusaha
itu miliki terbatas, maka itulah yang menjadi sebuah kelemahan. Kekuatan
menunjukkan berbagai sumber daya yang seseorang miliki dan sebaliknya kelemahan
menunjukkan sumber daya yang belum seseorang miliki atau sumber daya yang
dimiliki sifatnya kurang atau terbatas.
Demikian halnya dengan Peluang dan
Ancaman, hanya saja kedua hal ini bersifat eksternal. Peluang menunjukkan
hal-hal positif yang dapat mendukung kemajuan bisnis seseorang. Misalkan
seperti tingkat kebutuhan masyarakat yang tinggi, adanya teknologi dan
kebijakan pemerintah. Sementara ancaman menunjukkan hal-hal yang sifatnya
negative yang dapat menghambat kemajuan suatu perusahaan, misalnya persaingan
antar perusahaan. Selain itu ternyata faktor internal juga bisa menjadi ancaman
untuk suatu perusahaan, mislanya seperti keterbatasan modal dan ketidakmampuan
mengadopsi teknologi.
Oleh karna itu kekuatan, kelemahan,
peluang, dan ancaman merupakan faktor yang mempengaruhi kegagalan dan
keberhasilan suatu bisnis, selain itu dengan kita mengetahui kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman, selanjutnya kita bisa merumuskan strategi untuk
menjalankan bisnis dan bersaing dalam memperebutkan pasar dengan pesaing lebih
baik lagi.
Sumber:
Suharno,Bambang.2004.Bisnis Sambilan.Jakarta:PT Elex Media Komputindo.
Enterprise,Jubilee.2008.101 Tips for Woman Inc.Jakarta: PT Elex
Media Komputindo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar