PENGANTAR
BISNIS MINGGU 6
DEWI NURJANAH (21215791)
RIVA OKTAVIYANDARI (26215085)
1EB20
1.
Sebutkan perbedaan pasar dan pemasaran
Jawab :
Pasar
secara umum dapat dikatakan bahwa, tempat pertemuan
antara penjual dengan pembeli disebut pasar. Pengertian ini mengandung arti
bahwa yang dimaksud dengan pasar adalah suatu tempat atau daerah yang
didalamnya terdapat kekuatan-kekuatan permintaan dan penawaran yang saling
bertemu untuk menentukan suatu harga.
Pasar
adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, mempunyai uang untuk
berbelanja dan mempunyai kemauan untuk membelanjakannya.
Pemasaran
suatu system keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk
merencanakan, menentukan harg, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan
jasa yang memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli
potensial.
2.
Jelaskan yang dimaksud dengan bauran
pemasaran/ marketing mix ( Bukan Pengertiannya )
Jawab :
Bauran pemasaran /
Marketing Mix adalah Kombinasi dari
variable atau kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran yaitu :
Produk, Harga, Promosi, dan Distribusi, atau sering disebut 4P (Product, Price, Promotion, Place). Atau
bisa dikatakan bahwa Marketing Mix
merupakan kumpulan variabel-variabel yang dapat digunakan perusahaan untuk
mempengaruhi tanggapan konsumen.
Untuk mencapai
tujuan pemasaran, maka kempat unsur tersebut harus saling mendukung satu dengan
yang lainnya atau dengan kata lain, menajemen harus berusaha agar variabel-variabel
marketing Mix itu dat terpacu untuk emncapai ujuan yang elah ditetapkan
perusahaan. Adi tidak hanya salah satu komponen saja yang di prioritaskan,
tetapi apabila perushaan ingin memenuhi kebutuhan secara memuaskan maka harus
didukung oleh keempat unsur tersebut.
1.
Produk.
Produk adalah setiap apa
saja yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan,
pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan.
Bauran Produk /
Product Mix merupakan himpunan dari keseluruhan jalur produk dan produk yang
ditawarkan oleh seseorang penjual tertentu untuk dijual kepada pembeli.
Contohnya :suatu industri mempunyai tiga jalur produk : industry elektronika,
industry alat rumah tangga, dan industry
pakaian olahraga. Di salam industry elektronika bisa dibagi menjadi sub
jalur misalkan, pesawat radio, kipas angina, tape recorder, dsb.
2. Harga
Harga adalah jumlah uang
(ditambah beberapa produk kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan
sejumlah kombinasi dari barang besrta pelayanan-nya. Bagi perusahaan, penetapan
harga bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Seringkali perusahaan menetapkan
harga terlalu berorientasi pada biaya dan kurang meninjau perubahan pasar.
Prosedur penetapan harga ini untuk masing-masing perusahaan berbeda-beda. Pada
perusahaan kecil, harga ditetapkan oleh manajemen puncak : sedangkan pada
perusahaan besar, peneatpan harga bisa ditangani oleh manajer devisi atau
manajer pemasaran/ penjualan.
3. Promosi
Pemasaran pada masa
sekarang ini tidak cukup hanya dengan pengembangan produk, peningkatan
kualitas, penetapan harga yang terjangkau atau penyaluran produk yang tepat,
tetapi terlebih lagi produsen harus dapat berkomunikasi dengan langganan-nya.
Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan promosi, pengiklanan, dsb. Jadi dapat
dikatakan bahwa promosi mencakup semua kegiatan perusahaan untuk memperkenalkan
produk dan bertujuan agar konsumen tertarik untuk membelinya. Promosi merupakan
salah satu komponen Marketing Mix yang sangat penting untuk mendorong
permintaan.
4. Distribusi
Untuk memperluas daerah
pemasaran dan agar produk cepat tersebar ke konsumen, maka perusahaan perlu
segera menetapkan penggunaan saluran distribusi.
Fungsi Distribusi yaitu:
1. Mengumpulkan
informasi yang diperlukan untuk perencanaan dan memudahkan pertukaran.
2. Mengembangkan
dan menyebarkan komunikasi mengenai tawaran.
3. Melakukan
pencarian dan berkomunikasi dengan calon pembeli.
4. Membentuk
dan menyesuaikan tawaran dengan kebutuhan pembeli. Misalnya kegiatan perakitan,
pengemasan dsb.
5. Mengusahakan
perundingan untuk mencapai persetujuan akhir atas harga dan ketentuan lainnya
mengenai tawaran agar perpindahan
pemilikan dapat terjadi.
6. Melaksanakan
pengangkutan dan penyimpanan produk.
7. Mengatur
distribusi dana untuk menutup biaya saluran distribusi.
8. Menerima
resiko dalam hubungan dengan pelaksanaan pekerjaan saluran pemasaran.
Sumber :
Sumarni,
Murti dan Soeprihanto, John. 2013.
Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi
Perusahaan). Yogyakarta:
Liberty.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar