Jumat, 13 November 2015

PENGANTAR BISNIS MINGGU 2




PENGANTAR BISNIS MINGGU 2

DEWI NURJANAH (21215791)
RIVA OKTAVIYANDARI (26215085)
1EB20

1.      Jelaskan bagaimana cara mendirikan (Berikan Langkahnya) UKM dengan memperhatikan faktor produksi.

Jawab :
·         Modal : Merupakan hal yang paling utama yang dibutuhkan untuk mendirikan suatu UKM. Uang yang digunakan berasal dari pribadi ataupun pinjaman dari bank. Besarnya modal yang diperlukan tergantung dari jenis usahanya.

·         Tenaga Kerja : Faktor yang sangat penting dalam mendirikan suatu UKM. Usia pekerja harus diperhatikan agar mampu melakukan sebuah pekerjaan.

·         Material : Barang yang akan diproduksi oleh UKM tersebut. Seperti bahan-bahan mentah yang berasal dari sumber-sumber di alam semesta. Kualitas dari bahan tersebut juga harus diperhatikan untuk menjaga kualitas produk yang akan dihasilkan.

·         Metode : Memerlukan inisiatif produktif, membuat ide-ide kreatif untuk menghasilkan sebuah barang yang belum ditemui dan siap mengambil keputusan dan berani mengambil resiko. Metode memasarkan juga penting agar bisa dikenal oleh masyarakat luas.

2.      Berilah masing-masing sebanyak 5 contoh riil perusahaan berdasarkan letak/tempat

Jawab :
Perusahaan berdasarkan tempat :
Lokasi/letak perusahaan terikat pada alam
Ø  Perusahaan tambang Alumunium INALUM (Asahan, Sumatera Utara)
Ø  Perusahaan tambang tembaga PT Freeport Indonesia (Tembagapura, Papua)
Ø  Perusahaan tambang aspal di buton (Sulawes Tenggara)
Ø  Perusahaan tambang gas alam (Bontang, Kalimantan)
Ø  Perusahaan tambang bauksit (Pulau Bintan, Riau)
·                  Lokasi/letak perusahaan yang mengikuti sejarah/berdasarkan sejarah
Ø  Usaha Dodol garut (Garut)
Ø  Usaha pendidikan (yogyakarta)
Ø  Perusahaan batik (Pekalongan)
Ø  Pengrajin patung (bali)
Ø  Kain ulos (Medan)
·                  Lokasi/letak perusahaan berdasarkan pemerintah
Ø  Kawasan Industri Jababeka (Cikarang)
Ø  PT Bintang Toedjoe (Kawasan Industri Pulogadung)
Ø  PT PINDAN (Surabaya)
Ø  Kawasan Industri Lhokseumawe (Aceh)
Ø  Cilandak Comercial Estate (Jakarta)
·                  Lokasi/letak perusahaan di pengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi
Ø  Dekat dengan bahan baku : Pabrik Kayu, Pabrik Benang, Pabrik Gula
Ø  Dekat dengan pasar : Pabrik Tahu, Pabrik Kecap, Pabrik  Roti
Ø  Dekat dengan Tenaga Kerja : Pabrik Rokok, Pabrik bahan bekas, Pabrik Sepatu
Ø  Dekat dengan penyedia sumber tenaga/energi: Pabrik alumunium, Pabrik peleburan bijih besi
Ø  Iklim: Pabrik teh, Pabrik Bata.
·                   Lokasi/letak perusahaan berdasarkan hubungan/pergaulan Internasional
Ø  Usaha eksport
Ø  Usaha import

3.      Sebutkan dan Jelaskan dengan singkat apa yang menjadi tujuan perusahaan

Jawab :
Tujuan Perusahaan untuk memaksimumkan penjualan (maximization of sales). Manajer akan memaksimumkan penjualan setelah keuntungan yang diperoleh telah memadai.berdasarkan studi empiris, ditemukan bahwa ada korelasi yang erat antara gaji dengan penjualan, dan bukan antara gaji dengan laba.

Tujuan Perusahaan untuk memaksimumkan penggunaan manajemen (maximization of management utility). Manajer lebih tertarik memaksimumkan penggunaan manajemen yang diukur dengan kompensansi seperti gaji, tunjangan tambahan, pemberian saham daripada memaksimumkan keuntungan perusahaan.

§  Tujuan ekonomi : berhubungan dengan upaya perusahaan untuk menghasilkan laba, menciptakan pelanggan dan menjalankan upaya-upaya pengembangan dengan memusatkan perhatian masyarakat dalam hal produk, kualitas, harga, kuantitas, waktu pelayanan, kegunaan inovatif berkesinambungan, competitive tage dan comparativr and vantage.
§  Tujuan sosial : perusahaan memperhatikan investor, karyawan, penyedia, faktor-faktor produksi, maupun masyrakat luas. Juga untuk mendukung mencapai tujuan utama perusahaan, dengan memberi kepuasan kepada konsumen.

4.      Jelaskan apa yang dimaksud lingkungan internal dan eksternal suatu perusahaan

Jawab :
Lingkungan Internal : yaitu segala variabel-variabel (kekuatan dan kelemahan) yang ada didalam perusahaan. Biasanya digunaka untuk menentukan strength(kekuatan) perusahaan, juga untuk mengetahui weakness (kelemahan) perusahaan.

Lingkungan Eksternal : Gambaran kondisi diluar lingkungan yang terdiri dari keadaan dan kekuatan yang mepengaruhi proses dan tujuan perusahaan. Suatu lingkungan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusahaan. Meliputi variabel-variabel diluar perusahaan yang berupa tekanan umum dan tren didalam lingkungan kerja.

5.      Aplikasikan setiap variabel lingkungan internal dan eksternal bagaimana pengaruhnya pada suatu perusahaan

Jawab :
Ekologi : Pencemaran air, Pencemaran Udara, Pencemaran tanah dan limbah yang dihasilkan perusahaan
Ekonomi : Urbanisasi, Pertambahan Penduduk, Pajak,dll
Sosial : Kriminalitas, Pengangguran
Politik :Pertahanan Keamanan
Hukum : Keputusan dan Transaksi Perusahaan

6.   Jelaskan perbedaan Procuer Oriented Approach dan Consumer Oriented Approach

      Jawab :
Producer oriented approach : produsen yang menjual secara orientasi, artinya menjual langsung suatu barang dan jasa ke pasar.

Consumer orinted approach : konsumen yang membeli secara orientasi, artinya membeli langsung suatu barang dan jasa ke produsen dari pasar.

Sumber :


Sitio, Arifin dan Tamba, Halomoan.2001.Koperasi Teori dan Praktik.Jakarta:Erlangga

Umar, Husein.2001.Strategic Management In Action.Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama

Kartaja, Hermawan.dkk.2005.Markplus On Strategy.Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_Perusahaan_Batu_Bara_Indonesia
 




                                                                                                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar