Kamis, 12 Mei 2016

Perbandingan Penjualan Secara Online dan Konvensional



Pada bisnis online interaksi antara penjual dan pembeli tidak secara fisik atau tatap muka sehingga pembeli tidak dapat menyentuh barang barang secara fisik, pada hal ini digantikan secara visual dengan gambar atau foto yang dilengkapi dengan keterangan dan spesifikasi produk tersebut. Deskripsi produk sangatlah penting dalam penjualan online karena dari dekripsi inilah calon pembeli mengetahui spesifikasi dari produk tersebut, jika penjelasan yang diberikan jelas dari sinilah penjualan online akan terjadi. Bisnis Online hemat pada dan untuk menstock barang cukup hanya dengan gambar atau foto dan penjelasannya sudah bisa menjual barang tersebut.
Pada Bisnis konvensional, Interaksi antara penjual dan pembeli akan terjadi dan memungkinkan calon pembeli dapat menyentuh barang secara fisik. dimana kita menemui calon pembeli itu secara langsung dan di tempat yang nyata, serta barang yang kita tawarkan itu kita bawa saat itu juga jadi barang nyata, namun ada juga yang hanya berupa gambaran tapi kita tetap bertemu pelanggan secara nyata.

Perbandingan Bisnis Online dan Konvesional dari Segi Promosi
Bisnis Online menggunkana marketing secara online menggunakan media social seperti Blackberry Messenger, Instagram, Facebook dan Line@. Dengan cara ini pengenalan produk yang dijual secara online akan semakain banyak diketahui oleh orang-orang.
Promosi biasanya dilakukan dengan cara menggunakan brosur ataupun papan reklame dan Pemasangan iklan pada media cetak, radio maupun televisi yang tentunya memakan biaya sangat besar.
Perbandingan Bisnis Online dan Konvesional dari Segi Tempat Penjualan
Bisni Online menggunakan website sebagai pengganti took dengan cara memasang gambar dan penjelasannya secara jelas pada media social yang dimiliki dan modal yang dikeluarkan untuk membuka website hanya sekitar Dua Ratus Ribu Rupiah per bulan
Bisnis Konvesional memerluka tempat berupa toko atau ruko untuk menyimpan barang jualan. Biaya sewanyapun bekisar ratusan ribu hingga ratusan juta.
Perbandingan Bisnis Online dan Konvesional dari Segi Waktu
 Bisnis Online bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menutup toko online. Toko online buka 24 jam tanpa harus ada yang menungguinya 24 jam.
Bisnis Konvesional bisa saja buka 24 jam tetapi harus ada yang menunggunya dan perlu membayar karyawan yang bekerja 24 jam. Bisa dibayangkan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk menggaji karyawan
Perbandingan Bisnis Online dan Konvesional dari Segi Pangsa Pasar
Sebuah bisnis online itu ibarat kita menjual barang ke suatu tempat yang jauh bahkan hampir rasanya tidak mungkin ada waktu untuk kesana tapi kita bisa menjual dan barang tersebut sampai ke tempatnya, bisnis seperti ini sangat membutuhkan satu hal yang namanya kepercayaan karena kita belum pernah melihat bahkan tak mengenal pembeli kita, dan satu hal lagi kita harus berhati-hati.
Bisnis Konvesional hanya terbatas di daerah toko saja. Hal ini mengakibatkan pansga pasar bisnis konvesional lebih sempit.
Perbandingan Bisnis Online dan Konvesional dari Segi Keuntungan
Pada bisnis online modal yang dikeluarkan memang sedikit tetapi mampu memberikan tingkat keuntungan yang besar setara dengan bisnis konvesional bahkan bisa melampauinya. Dan semuanya tidak terjadi begitu saja, semuanya membutuhkan cara dan usaha jika kita sudah mengetahui caranya dengan bekerja keras untuk mendapatkan keberhasilan yang baik. Insyaallah kesuksesan dapat diraih dalam genggaman kita.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar