Jumat, 01 Juli 2016

Penyebab kekhawatiran anak muda akan masa depannya



Mengapa banyak anak muda mengalami kegalauan, khawatir dan cemas akan masa depannya?  Sebagai anak muda biasa, rasa cemas dan khawatir sering menghantui, akibatnya jadi galau. Kalau begitu, tingkat kreatifitas dan motivasi semakin melorot.


Tidak heran bila anak muda yang mudah galau tidak memiliki daya juang yang kuat untuk menahan laju arus globalisasi. Akibatnya frustasi dan depresi. Sungguh memprihatinkan keadaan ini, miris. Bila sudah begini, yang justru bekembang biak adalah miskin kreatifitas, kemunafikan dan naif.
Sangat di sayangkan, di usia yang terbilang masih belia ini banyak sisa waktu hanya di habiskan untuk merenung meratapi nasib, menghitung berapa hari lagi kesuksesan menjemput.
Bukankah anak muda itu seharusnya menjadi barometer sebuah perubahan dan kaya akan kreatifitas?
Penyebab Galau dan Cemas akan Masa Depan Tidak bisa di pungkiri bahwa salah satu pemicu kegalauan seorang anak mudah ialah dari sisi finansial. Lebih spesifik mengarah pada sosok yang paling di nanti yaitu uang.  Belum lagi jebakan macet di jalan yang di lalui hingga bikin motivasi dan kreatifitas semakin menurun.
Ada satu yang sering terlewatkan?
Rasa syukur atas segala yang telah di lalui hari ini. Mengapa kurang bersyukur menjadi salah satu pemicu kekhawatiran?
Ditengah ketidak pastian, siapa yang bisa bersyukur. Apalagi melihat dan mendengar informasi sesat yang selalu memenuhi otak makin bikin gregetan.
Stop itu semua, saatnya berpikir jernih dan bersyukur atas segala sesuatu yang terjadi hari ini.
Sebaiknya hindari informasi dan berita yang sering menyesatkan pikiran. Mulailah mengisi otak dengan informasi yang memicu kreatifitas seperti membaca buku dan mencari pengalaman dengan mengikuti beberapa kegiatan agar mendapatkan pengalaman.
Ciptakan Peluang dari Hobi Mu Sendiri
Satu hal lagi yang sering memicu kegalauan, tidak adanya kepastian akan masa depan. Hari terus berganti, usia makin bertambah sementara harga makin menggila, dan di sisi lain gaji segitu-gitu aja.
Stop!!!
Jangan pikirkan lagi, yang terpenting lakukan segera apa yang ingin Anda capai. Segera laksanakan rencana yang di buat, jangan cuma disimpan dalam hati, yang ada nanti malah membeku.
Mulailah menciptakan peluang mu sendiri, internet yang sudah berkembang wajib di manfaatkan dengan lebih kreatif.
Mulailah mengubah hobi menjadi peluang bisnis. Sudah tak terhitung lagi enterprenuer sukses, mereka membuktikan bahwa bisnis yang dimulai dari hobi lebih fantastis dan tak mudah lekang oleh waktu. Misalnya  hobi membaca, coba jadi reseller buku, lalu promosikan secara online.
Berpikir & Bertindak Kreatif
Zaman sekarang rasanya udah nggak cukup lagi hanya dengan berpikir positif.  Rencana itu harus segaraedi wujudkan dalam tindakan .Selain berpikir kreatif, kita juga wajib bertindak lebih kreatif.
Banyak faktor penyebab kegalauan, namun satu hal pemicunya yaitu “UANG”. Kurang uang, kepala pusing, hati was was dan galau. Untuk menghalau rasa galau coba praktekan beberapa tips berikut:
  • Gratitude atau rasa syukur kepada tuhan karena ialah yang mengalirkan semua apa yang akan kita dapatkan.
  • Isilah otak dengan informasi bermanfaat, jauhi aktivitas seperti menonton tv dengan tayangan yang kurang memberikan informasi yang penting dan juga rajin membaca buku untuk menambah wawasan dan pengetahuan
  • Bangunlah lebih pagi dari hari biasanya agar berangkat lebih pagi dan dapat menghindari jalan yang macet.
  • Rutin berolah raga dan menikmati pemandangan hijau agar sehat jiwa dan raga.
  • Mulailah mengubah hobi menjadi sumber penghasilan. Hobi membaca atau menulis, buatlah blog keren atau menjadi seorang penulis uku maupun novel.
  • Berpikir dan bertindak kreatif dalam mewujudkan rencana kedalam tindakan nyata. Berani mengambil keputusan penting dalam setiap langkah kehidupan akan menentukan masa depan Anda.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar