Sabtu, 12 Maret 2016

AUTOBIOGRAFI SENDIRI



DEWI NURJANAH
21215791
1EB20


Assalamualaikum wr.wb 

Heyy Perkenalkan nama ku Dewi Nurjanah nama kecilnya ii hehehe singkat ya??? Orang tua dan Saudara memanggil aku ii dan rata-rata Saudaraku mengetahu nama ku ii bukan dewi hehehe J . Aku lahir di Purbalingga, Jawa Tengah tetapi Akte Kelahiran ku Tangerang 25 September 1997, Nah gak tau kenapa bisa diTangerang. Kata orangtuaku dulu orangtua ku tinggal didaerah tangerang dan mempunyai KTP tangerang dan jadilah di Akte Kelahiranku Tangerang. Aku Anak sulung dari pasangan Bapak Sumarno dan Ibu Ida Nurngimaneni. Aku sekarang tinggal di Jatirangga, Bekasi. Aku dua bersaudara dan aku mempunya adik yang selisih umurnya 5 tahun dariku. Aku lahir hari Kamis malam (Pantesan Aja Takut Kegelapan hehe) dan Aku asli Orang Jawa Tengah, Papah ku asli Kulon Progo, Yogyakarta dan Ibu ku Purbalingga, Jawa tengah. Waktu kecil aku mudik hanya 5 tahun sekali jika ada biaya, tetapi saat ini bisa 6 bulan sekali aku mudik hehehe. Dan Aku sekarang adalah salah satu Mahasiswi di Salah Satu Universitas Swasta di Bekasi.
Aku akan menceritakan diriku saat masih kecil hingga sudah menjadi Dewasa.
Aku lahir hanya mempunyai bobot 2,8 kg dan Waktu aku masih balita aku berpindah pindah tempat tinggal karena dulu keluarga ku mengontrak, jadi harus pindah dari kontrakan satu ke kontrakan lain dan yang aku tau dulu aku sempat tinggal di daerah cipinang, tangerang, tambun dan masih banyak lagi. Dulu juga perekonomian ku berbeda sekali dengan perekonomian ku sekarang, dulu untuk beli susu saja susah karena dahulu gaji orangtua ku tidak seberapa hanya cukup membeli aku susu, untuk makan dan membayar kontrakan. Dan saat ini alhamdulillah sekarang kehidupan berubah drastis walaupun tidak memiliki harta berlimpah tetapi yang terpenting adalah kebutuhan sekeluarga terpenuhi dan terkadang pula lebih. Kedua orangtua ku Bekerja, papah pulang malem dan mamah pulang sore maka dari itu masa kecil ku diasuh oleh orang lain tetapi bukan berarti aku dilepaskan begitu saja oleh orangtua, aku hanya dititipkan saja kepada pengasuh. Waktu aku masih balita Pernah sempat hampir terjadi sesuatu yang menimpa diriku dimana aku hampir saja diculik oleh pengasuhku yang baru bekerja 1 minggu untungnya saja nenek ku melihat aku dibawa pengasuh ku, aku digendong dan dibawa masuk ke sebuah perkampungan dan kebetulan dulu aku tinggal disebuah rusun lantai 3, nenek ku pun langsung lari untuk mengejar ku yang ingin dibawa kabur dan akhirnya nenekku mengambil aku dari tangan pengasuhku dan langsung mengusirnya dengan dikasih pesangon untuk pulang (Sedih ya  kalau diculik ntah sekarang aku anak siapa) hehehe 
Dahulu pun keluarga sering sekali berganti ganti asisten rumah tangga karena banyaknya yang tidak cocok mungkin karena beberapa faktor, contohnya penculikan aku saat itu. mungkin orang tua ku trauma untuk mencari pengasuhku.
Ketika aku berumur 5 tahun dan aku sekolah di Taman Kanak-Kanak dan disini aku sudah mempunyai pengasuh dan sekaligus asisten rumah tangga. Disaat aku berumur 5 tahun aku akan mempunyai adik “Yeayyy ” Disaat ini mungkin aku merasakan bahagia, tetapi ada rasa sedih karena diakhir Bulan Mei 2002 aku kehilangan om Untuk selama-lamanya om yang selalu ada menemani aku bermain tapi selang 7 hari tepatnya di tanggal 02 juni 2002 aku kehadiran adik perempuan bernama Dwi Nurmardani ( Nama Kita ada “Nur”nya hehehe ) Jadilah aku jadi seorang kakak. Waktu kecil aku mempunyai kegemaran yaitu berenang tetapi sampai sekarang aku tidak bisa berenang padahal waktu Tk setiap minggu rutin berenang, gak tau kenapa sampai sekarang tidak bisa karena aku takut dengan air yang dalam
          Lambat laun waktu berjalan aku fikir menjadi seorang kakak itu menyenangkan tetapi aku salah, tidak semenyenangkan yang aku bayangkan karena menjadi seorang kakak itu harus selalu mengalah untuk adiknya, mencotohkan yang terbaik untuk adiknya, selalu salah dan gak pernah dibelain.
Dari aku balita hingga lulus Tk aku tinggal dirumah susun setelah aku berumur 6 tahun dan masuk SD aku pindah rumah didaerah perkampungan yang dekat dengan SD ku SDN Jatisari 1. Awal mula aku masuk kelas 1B aku aku tidak memiliki teman karena aku dahulu adalah seorang yang tidak udah bergaul tetapi lambat laun akhirnya aku mempunyai teman, 1 tahun berlangsung dan menjelang kenaikan kelas aku pertama kalinya merasakan suntikan dan awalnya aku takut tetapi karena aku adalah perempuan yang sok pemberani akhirnya aku pun memberanikan diri untuk disuntik dan itu rasa huh sakit. Dan akhirnya akupun naik ke kelas 2 SD, kenaikkan kelas itu pun aku tidak mendapat peringkat karena aku tergolong orang yang biasa biasa saja tidak pintar dan tidak aktif, karena dulu aku sangat pendiam kepada orang yang tidak aku kenal. Setelah aku naik ke kelas 2 ada lomba CALISTUNG dengan Percaya Dirinya aku menganggap diriku mengikuti lomba padahal tidak sama sekali hehehe dan untuk mengasah otak ku aku mengikuti kursus sempoa di sekolah aku belajar bagaimana menjadi siswi yang aktif disekolah dan menjelang kenaikkan kelas ada penyuntikan siswa lagi disini aku merasa berani tapi padahal takut banget dan akhirnya waktu giliran aku, pas aku maju kedepan menghampiri dokternya akupun langsung lari keluar dan bersembunyi di luar sekolah sampai dokternya mengejarku karena aku pasien terakhir, sampai aku masuk lagi ke kelas dan lari lari mengelilingi ruangan itu sambil nangis dan akhirnya tangisan ku berhenti setelah dokter itu menyerah mendengar tangisanku hehehe maklum suaranya cempreng banget dan bikin telinga sakit. Setelah itu akhirnya aku naik ke kelas 3 ada satu kejadian yang menurut ku aneh hingga sekarang, dulu aku punya kakak sepupu sekolah kita sama hanya saja dia kela 6 SD dulu waktu ulangan aku memberitahu nilai ku kepada nya padahal nilaiku itu bukan 100 melain 30 tidak tau kenapa disitu aku merasa bangga hehehe nah karena disana aku mempunya kakak sepupu jadi kalau ada yang iseng sama ku pasti kakak ku itu yang maju apalagi saat aku dimintai uang sama anak laki-laki, aku langsung saja mengadu dan akhirnya kakaku yang bergerak hehe kayak putri aja yaaa.. Akhirnya aku naik kelas 4 SD  aku terkena Kasus dan tapi kalau difikir fikir sekarang, kasus itu lucu juga aku dihukum Cuma karena aku jadi tukang pengirim surat cinta. Jadi ceritanya gini  dulu aku punya temen si A dan si B nah si A dan B ini suka sukaan gitu deh hihi cinta monyet gitu karna dulu banget tuh gak ada anak SD Istilahnya megang Hp Kalau megang ajah udah dibilang kaya. jadi dulu perantaranya Surat gitu yang biasa disebut dengan “Surat Cinta” jadi dulu tugasku Cuma anter surat si A untuk si B maupun sebaliknya dan sampai akhirnya ketahuan guru otomatis kita ber empat dihukum nah 1 orang ini sebagai pembeli kado jadi ikutan kena untuk nyapu halaman sekolah huft... karena aku gak merasa salah yasudah aku nyuruh si A dan B yang nyapu dan aku duduk duduk aja dibawah pohon hehe licik yah.. yasudahlah hehe oke lanjut kelas 5 SD nah waktu kelas 5 aku banyak sekali menghabiskan waktuku untuk bimbel seminggu itu belajar, hanya minggu libur. Aku mengikuti bimbel disekolah dan mengikuti bimbel juga diluar sekolah. Dan itu berlangsung sampai aku kelas 6, waktu kelas 6 aku masuk kelas 6B aku dari kelas 1 selalu masuk B hehehe dihari pertama masuk aku mempunyai teman baru namanya Jovan dia baik orangnya suka menggambar Anime dan komik, aku seneng banget membacanya dan waktu hari kedua, aku kedatangan teman baru juga namanya Azzam di anaknya kecil tapi hitam manis nah waktu pertama kali aku ngerasain Jatuh Cinta ya sama Azzam ini tapi enggak sampai pacaran, aku hanya mengaguminya saja karena aku tau di suka sama sahabat aku sendiri, nah bicara soal sahabat aku mempunyai 11 orang sahabat wihhh banyak yah dan itu ada nama geng nya namanya REDAF didalam geng itu udah banyak banget konflik yang terjadi ya namanya juga persahabatan pasti ada perselisihan dan perbedaan pendapat. Semenjak mempunyai teman banyak disinilah aku pertama memiliki handphone, handphone pertama ku adalah Nokia di Handphone ini tidak ada bluetooth nya dan hanya ada inframerah . Waktu masa ini jika ada yang mempunyai handphone yang ada bluetooth nya itu sudah bagus banget. Tibalah saat UASBN itu datang aku belajar terus menerus dari pagi hinggan malam dengan waktu istirahat yang sedikit dan akhirnya aku mencapai Nem 23,25 mungkin tidak terlalu besar tetapi dengan nem ini aku bisa masuk SMP negri yang saat ini sangat difavoritkan orang orang karena masuk SMP ini tidak mudah. Dan tibalah aku diterima di SMP, hari pertama MOS pokoknya disitu aku benar benar didandani seperti orang aneh hingga rambutku dikuncir 24 ikat, memakai gelang dari tali rafia, memakai sabuk dari talirafia, memakai kaus kaki beda warna memakai tas karung, memakai ikat sepatu tali rafia juga, memakai topi kerucut, bisa terbayang kan jadi apalah aku hehehe tapi aku seneng banget karena seru banget acaranya dan menurut aku itu berkesan dan mengajarkan kita untuk disiplin karena semua itu dilakukan untuk proses pengenalan dari SD ke SMP. Di hari pertama aku jadi anak SMP dan memakai seragam putih biru itu seneng banget ada rasa bangga tersendiri karena aku masuk di kelas 71 aku mempunyai 3 teman dekat yaitu Ajeng yang hobby menggambar, Novia yang pendiam dan Anisa yang tomboy. Di sekolah aku mengikuti kegiatan ekstrakulikuler PMR yaitu Palang Merah Remaja disana aku mendapatkan ilmu, pengetahuan, wawasan dan pengalaman. Karena disana aku bisa mengetahui apa yang harus aku lakukan ketika melihat orang pingsan ataupun kecelakaan. Karena kunci seorang penolong yaitu tidak boleh panik, karena setelah aku mempelajari materi pertolongan pertama dan tentang obat jika ada orang pingsan disekolah aku sudah mengetahui harus apa dan bagaimana aku bertindak, menghadapi orang pingsan jangan panik lalu diangkat dan direbahkan ketempat tidur lalu posisikan korban agar kaki harus dalam keadaan lebih tinggi daripada posisi kepala agar aliran darah tetap lancar. disini bukan hanya belajar tentang kesehatan karena aku juga belajar berorganisasi. Aku dikelas merupakan siswi yang biasa saja dan tidak menonjol dikelas apalagi terkenal disekolah tidak sama sekali, waktu di semester dua ada kejadian yang membuat aku ketakutan karena ada seorang lelaki yang suka sama aku dan mengejar aku sampai segitunya, karena takut setiap aku ketemu dia aku lari, dan dia adalah kakak kelas aku ntah darimana bisa kenal tapi yang jelas dia kenal aku. Mungkin ini baru pertama kali diginiin sama cowok sampai aku ketakutan seperti melihat hantu, lucu aja kalau keingat peristiwa itu. Disekolah ku juga mengaadakan program study tour setiap tahunnya di kelas 7 ini aku pergi ke Istana Negara, Kebun raya Bogor dan Taman Wisata Matahari. Setelah itu aku naik kelas ke kelas 83 dikelas ini aku dipisah dengan teman teman ku di kelas ini aku merasa seru banget dan ramai banget anak anaknya baik baik banget dan pada ramah dan paling nyaman dikelas ini dan dikelas ini aku mempunyai teman dekat 5 orang 3 laki-laki dan 2 perempuan dikelas ini aku merasakan sekali arti pertemanan seru banget dan gak akan dilupakan untuk pepisahan kelas ku membuat baju kelasku juga mempunyai sebutan SADEGA “Persatuan Delapan Tiga” untuk perpisahan kami kelas 8 kita studytour kebandung kemuseum dan pemandian air panas sangat berkesan karena ini terakhir kalinya kita sekelas,  setelah itu aku menjadi kelas 9 di ekstrakulikuler PMR aku diberikan jabatan sebagai koordinator unit umum dimana tugasnya adalah menentukan materi apa yang harus diberikan kepada ade ade kelas karena disini aku mempunyai tanggung jawab yang lumayan berat jadi aku belajar untuk menjadi dan memberikan yang terbaik untuk organisasi ku. Ketika aku naik kelas 9 aku bergabung kembali bersama teman temanku saat kelas 7 disini aku berubah menjadi orang yang tidak bisa diam, suka bercanda dan nakal misalnya selalu pergi ke kantin saat pelajaran yang tidak disukai dan pergi kekantin dengan alasan ingin mengisi spidol pada saat ini disekolah ku dilarang keras untuk membawa handphone berkamera tapi tetap saja aku membawa handphone berkamera. Akhirnya UN pun tiba aku belajar tetapi aku merasakan kesulitan mungkin ini akibatnya karena aku sering meninggalkn pelajaran, dan selesai dari UN aku mendapatkan hasil yang kurang maksimal hanya 26,25 jauh dari prediksiku dan akhirnya aku mencoba mendaftarkan diri ke SMA Negri awalnya memang sudah pesimIs tidak akan diterima dan ternyata memang tidak diterima di SMA Negri Favoritku akhirnya aku mencoba mendaftarkan diri ke SMA Negri lainnya dan Alhamdulillah diterima tetapi tidak tahu kenapa aku tidak bergembira sama sekali mendengar kabar itu akhirnya aku memutuskan mencabut berkas dan mendaftar sekolah ke SMK Swasta yaitu SMK YADIKA 11. Awalnya aku disarankan untuk masuk SMA nya tetapi aku tidak mau dan memilih masuk ke SMK dan mengambil jurusan Akuntansi. Pada awalnya bingung soal akuntansi karena memang baru ditemui materinya, sulit banget untuk menyerap pelajaran itu sampai aku naik ke kelas XI pun aku belum paham. Aku masuk ke kelas X Ak 1, awalnya memang beda banget SMP dan SMK awalnya aku susah untuk bergaul dan aku fikir aku tidak bisa memahami semua mata pelajaran itu. dikelas ini aku mempunyai 2 teman dekat yaitu Hera dan Afni. Pada semester awal aku peringkat 9. Setelah itu masuk ke semester 2 dan aku fikir kelasnya akan dirubah dan ternyata aku salah kita akan sekelas selama 3 tahun dan itu wow banget hehe pada semester 2 aku mendekatkan diri kepada guru-guru disekolah sampai aku mempunyai guru yang umurnya masih muda itu seperti kakak sendiri dan waktu aku naik kelas ke kelas XI aku kaget juga heran aku Ranking 2 Alhamdulillah banget itu pertama kalinya dalam seumur hidup aku mendapat ranking, karena dari aku SD aku adalah siswi yang pasif dan ntah tak tau kenapa waktu semester dua aku mendapat ranking dan mendapat sertifikat dan itu menjadi penyemangat aku dalam belajar untuk mendapat kan ranking lagi disemester selanjutnya. Dan setelah masuk ke semester 3 di sekolah ku ada kegiatan PKL dan praktik industri, PKL itu Praktik Kerja Lapangan dimana setiap siswa diberikan kesempatan untuk masuk kedunia kerja dan merasakan bagaimana kerja yang sesungguhnya, dimana saat Praktik Industri kita mempelajari software untuk akuntansi dan ada beberapa software yang aku ketahui yaitu Myob, Zahir dan Accurate dan disekolahku mempelajari aplikasi Accurate. Setelah PKL dan Praktik Industri sudah aku laksanakan aku membuat laporan PKL disitu bekerja keras dan sampai kurang tidur karena aku dikejar waktu untuk menyelesaikan laporan karena hari sudah menjelang Sidang. Walaupun banyak kesulitan dalam pembuatan laporan alhamdulillah laporan ku selesai dengan sempurna dan tinggal menunggu aku untuk diuji heheheJ. Hari pengujian pun tiba dimana aku berpakaian rapi menggunaka kemeja putih, blazer hitam, rok hitam dan sepatu fantofel. Detik detik ingin diuji aku merasa takut, karena takut dipersulit tapi syukurnya jam 10 aku masuk keruangan sidang dan aku keluar dengan hasil yang baik walaupun sempat disuruh kelantai 3 dalam waktu 1 menit untuk mengambil sertifikat dan alhamdulillah hasilnya aku lulus sidang dan laporan dengan nilai yang bagus dan setelah itu ujian semester ganjil aku mendapatkan ranking 3, walaupun menurun tetapi kebahagian ku bertambah dan semenjak aku semester 4 aku mulai melakukan tindakan yang kurang baik yang pernah aku lakukan di SMP saat itu dan apada akhirnya disemester 4 aku mendapat peringakat 6 dan disitu turun drastis dan aku berusaha untuk memperbaiki disemester 5 dan sesampainya disemester 5 aku tetap mendapatkan peringkat 6 tapi iyasudahlah tetap disyukuri saja waktu disemester ini aku aktif mengikuti ektrakulikuler bahasa jepang, aku memilih bahasa jepang karena aku menyukai bahasanya dan ingin mempelajarinya lebih dalam. Sampai aku semester 6  aku akan mendekati UN ternyata sekolah menggunakan CBT dimana Un nya menggunakan komputer, menurut wakil kepala sekolahku, hanya ada beberapa sekolah saja yang menggunakan sistem CBT Dibekasi. Setelah aku lulus aku pun tidak mendapatkan nem yang tidak bagus hanya 24 dan itu termasuk nem yang kecil. Aku pun mencoba untuk masuk PTN melalui Jalur SNMPTN tetapi belum dapat, melalui Jalur PMDK pun belum diterima dan aku tidak mencoba jalur SBPTN karena aku malas akan ada soal sejarah, sosiaologi, geografi dan aku tidak paham, karena aku bukan lulusan IPS akhirnya aku  memutuskan ingin kerja dan akhirnya aku di hubungi untuk interview didaerah di fatmawati dan aku fikir kedua orangtua ku akan mengizinkan ku untuk bekerja, tetapi aku salah kedua orangtua ku menginginkan aku untuk kuliah terlebih dahulu. Setelah mencari info tentang universitas, orang tua ku memutuskan memasukkan ku ke Unversitas Gunadarma di Kalimalang, sebenarnya jarak rumahku lebih dekat dengan Gunadarma Depok tetapi aku lebih memilih untuk dikalimalang mungkin karena aku tidak tahu akses untuk ke depok. Setelah aku mendaftarkan diri di Gunadarma aku mengisi formulir dan memberikan berkas persyaratan setelah itu aku mengikuti untuk test mendapatkan Grade dan aku mendapatkan grade A, itu mendapatkan potongan pembayaran. Lalu aku melakukan membayar yang semester 1 dan mengikuti test kesehatan dan semuanya di test, setelah di test aku mengikuti sebuah acara untuk pengenalan kampus yaitu PPSPPT dan bagaimana sistem pembelajaran dikampus. Setelah Itu aku mengikuti kegiatan seperti Ospek tapi ini lebih seru Acaranya karena disaat itu kita dikenali tentang kampus dan lebih dekat dengan kakak senior . Setelah itu hari pertama masuk, aku masuk di kelas 1EB20 dan ternayata di teman kelas ku ada teman saat aku menjalani Ospek yaitu Hasian Nainggolan dan dikelas itu aku bertemu juga dengan Cynthia Lorenza dan Riva Oktaviyandari itu adalah teman pertama aku masuk kelas 1eb20 disemester 1. Akhirnya kita bersahabat Aku, Hasian dan Riva kita sering bercanda bareng, makan siang bareng dan ketawa bareng-bareng. Saat aku semester dan1  disaat aku kesusahan mereka selalu ada untuk menolong disaat aku kurang memahami matakuliah yang diajarkan dan salah satu dari mereka pun mengajariku dan pershaabatan kita ya seperti itu, saling membantu satu sama lain dan kita pun tetap bersahabat hingga sekarang kita semester 2. Dan disaat akhir semester 1 temanku bertambah lagi 4 orang yaitu Revita, Arum, Jihan dan Kumala dan kita sekarang kita main bersama 7 orang, dan semoga pershabatan ini akan berkelanjutan dan tidak hanya di tingkat satu saja. Karena disemester 3 nanti kita akan dipisah semoga kita tetap jadi teman sharing ya...
Sekian Cerita dari semasa aku kecil hingga sekarang aku sudah berumur 18 tahun... Terimakasih untuk sahabat, Guru, dan Orangtua atas bimbingan dan pengetahuan yang sudah diberikan...

Waalaikumssalam wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar