Selasa, 22 Maret 2016

LOKASI WISATA PANTAI PARANGTRITIS



Pantai Parangtritis


Pantai Parangtritis merupakan obyek wisata pantai yang sangat terkenal diantara pantai-pantai lain yang tersebar di wilayah Yogyakarta.
Parangtritis menurut kisah legenda pada zaman Kerajaan Majapahit, ada seorang pelarian dari Kerajaan tersebut yang bernama Dipokusumo yang ditempat itu sedang melakukan semedi. Ketika sedang melakukan semedi, ia melihat air menetes ( tumaritis ) yang berasal dari celah-celah batu karang ( parang ). Kemudian Dipokusumo memberi nama daerah itu Parangtritis yang artinya air yang menetes dari batu.
Pantai ini diyakini oleh masyarakat setempat sebagai perwujudan kesatuan dari Gunung Merapi, Keraton Jogja dan Parangtritis sendiri. Sehingga masyarakat selalu menghubungkan bilamana ada fenomena alam yang sedang terjadi di antara ketiga tempat hal tersebut.
Parangtritis memiliki pemandangan yang unik yang tidak terdapat pada obyek wisata lain, yaitu pantai yang memiliki ombak yang besar dan terdapatnya gunung-gunung pasir disektar kawasana pantai tersebut yang disebut dengan gumuk. Pada musim kemarau angin biasanya akan bertiup lebih cepat dan ombak akan bisa mencapai ketinggian 2 – 3 meter. Karena ombaknya yang besar maka pengunjung Pantai Parangtritis dilarang untuk berenang di seputaran pantai, untuk itu sudah disediakan fasilitas pemandian umum yang bisa digunakan untuk para pengunjung yang ingin berenang dengan aman dan nyaman.
Ada pemandian unik yang terdapat tak jauh dari kawasan Pantai Parangtritis yaitu Pemandian Parang Wedang.

Lokasi
Pantai Parangtritis adalah pantai yang paling populer yang terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 25 km sebelah selatan kota Yogyakarta.

Akses
Berjarak sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta dapat memilih 2 jalur yang dipakai untuk sampai ke lokasi ini. Yang pertama adalah jalur Yogyakarta – Jl. Parangtritis – Kretek – Parangtritis. Jalur yang kedua dari Yogyakarta – Imogiri – Parangtritis. Jalur yang kedua ini lebih jauh akan tetapi dalam perjalanannya anda akan mendapatkan pemandangan alam yang menarik lebih bagus dari pada menggunakan jalur yang pertama. Sepanjang jalan anda akan melawati persawahan yang menghijau, sungai yang berkelok perbukitan dan bila anda menyempatkan mengunjungi Makam Raja di Imogiri, maka anda akan mendapatkan sesuatu yang menarik di Imogiri.

Harga Tiket
Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis informasi mengenai layanan dan fasilitas yang ada di Pantai ini penting adanya, karena khawatir bila mengetahui tarif tarif fasilitas yang ada di Paranngtritis. Beberapa fasilitas yang ada di Pantai Parangtritis antara lain WC Umum, Parkir, Persewaan ATV, kereta kuda & kuda
Berikut ini tarif fasilitas Pantai Parangtritis
Harga tiket masuk : Rp.5.000,-/Orang
Tarif Parkir Motor : Rp.2.000,-
Tarif Parkir Mobil : Rp.10.000,-
Harga sewa ATV : Rp.50.000,-/15 menit
Harga sewa kereta kuda : Rp.20.000,-/1 kali putaran

Fasilitas
Obyek wisata pantai parangtritis ini sudah sejak lama dikelola dengan baik oleh Pemkab Bantul sehingga fasilitas yang mendukung kepariwisataan sudah cukup lengkap. Fasilitas – fasilitas tersebut antara lain :
·         Banyak terdapat hotel atau penginapan dengan harga yang bervariasi, ada beberapa hotel dan penginapan yang terletak di atas bukit yang menawarkan suasana dan pemandangan pantai yang luar biasa.
·         Terdapat banyak toko souvenir dan oleh-oleh khas Jogja / Bantul, juga banyak toko-toko kelontong dan warung makan.
·         Lahan parkir yang luas ditambah lagi penyewaan kamar mandi yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk membersihkan diri.
·         Anda bisa menikmati keindahan pantai ini sekaligus melakukan olah raga pantai. Disepanjang pantai anda dapat menyewa dokar ( kereta kuda ), motor ATV ( All Terrain Vechile ), menaiki kuda, maupun Paralayang bagi anda yang berjiwa pemberani.
·         Kawasan Gumuk Pasir bagaikan suasana di gurun pasir bila diabadikan untuk latar belakang foto.


Kegiatan Menarik Yang Bisa Dilakukan Di Parangtritis
Menikmati keindahan Pantai memang sangat mengasikan, terlebih apabila menikmati suasana pantai dari atas tebing. Di Parangtritis juga tersedia fasilitas seperti ATV, Delman dan Kereta Kuda yang bisa disewa untuk menikmati suasana pantai yang ada di Parangtritis. Menyusuri keindahan Pantai dengan menggunakan tersebut menjadi sensasi tersendiri bagi Anda yang datang kesini terlebih apabila Anda mencoba mengendarai ATV.
Melewati gundukan - gundukan pasir yang banyak terdapat di lokasi wisata ini menggunakan kendaraan ATV akan membuat hiburan tersendiri bagi yang hobby berkendara, sensasi seperti ini kemungkinan jarang sekali diperoleh jadi, apabila mengunjungi Parangtritis jangan melewatkan begitu saja.
Selain fasilitas diatas yang bisa di nikmati di Parangtritis, bisa juga mencoba menikmati suasana pantai dengan menggunakan Airomodeling yang juga bisa disewa disana, ini dikhususkan bagi wisatawan yang mempunyai keberanian tentunya. Dengan menggunakan fasilitas ini dijamin kepuasan berwisata ke Parangtritis akan semakin terasa.
Keindahan sunset juga bisa dinikmati di lokasi wisata ini, yang banyak dinanti - nanti oleh wisatawan yang datang ke Parangtritis. Bagi yang belum puas menikmati keindahan pantai di sore hari, bisa melanjukan sampai malam hari sambil menikmati jagung bakar yang banyak dijajakan pada saat malam hari.
Bagi yang ingin menikmati mandi di pemandian air panas, di dekat lokasi Pantai Parangtritis juga terdapat pemandaian yang bernama Parangwedang, konon air dari pemandian ini bisa bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, karena kandungan belerangnya. gimana asik bukan ?

Jajanan Yang Ada di Pantai Parangtritis
Menikmati suasan pantai dengan disuguhi jajanan khasnya memang menjadi moment yang sangat menyenangkan, menambah rileks saat berlibur, disini bisa juga menemui pedagang - pedagany yang menyajikan jajanan seperti jagung bakar serta minuman es kelapa muda, yang semuanya cocok sekali dinikmati di pinggir pantai, selain itu bagi yang ingin membawa oleh - oleh dari Parangtritis, disini juga akan menemukan toko yang menjual berbagai kerajinan khas Yogyakarta.

Tips Berwisata Ke Parang Tritis
1. Jangan Berenang Hingga Ketengah
Besarnya ombak yang ada di Pantai Parangtritis beresiko akan menyeret ke tengah, jadi jangan sampai berenang manjauhi bibir pantai, agar keselamatan tetap terjaga, bagi yang membawa anak kecil, dampingi aktifitas dia.
2. Berkunjung Sampai Sore Hari
Menikmati suasana pantai Parangtritis memang cocok sekali apabila kita mengunjunginya sampai sore hari, jadi bisa lebih puas berwisata disini, karena disini juga bisa melihat pesona sunset di Pantai Parangtritis yang sangat mempesona.
3. Membawa Topi Dan Kacamata
Perlengkapan ini berguna apabila datang pada saat siang hari, udara panas pantai akan bisa teratasi dengan adanya topi yang dibawa, selain itu kilauan cahaya matahari juga bisa diatasi apabila menggunakan kaca mata.
4. Tidak Perlu Kuatir Kemalaman
Dilokasi ini juga telah disediakan penginapan - penginapan yang bisa disewa selama berwisata ke Pantai Parangtritis, tentunya harganya juga sangat terjangkau bagi wisatawan. jadi tidak perlu kawatir apabila mengunjungi tempat ini hingga larut malam.
5. Datang Pada Malam Tahun Baru Jawa
Lokasi wisata ini sangat ramai dikunjungi wisatawan pada waktu malam Tahun Baru Jawa atau malam 1 Suro / Muharam, jadi apabila Anda berniat ingin menyaksikan keramaian di Pantai Parangtritis maka datanglah pada waktu tersebut.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar