Sabtu, 14 November 2015

PENGANTAR BISNIS MINGGU 1



PENGANTAR BISNIS MINGGU 1

DEWI NURJANAH (21215791)
RIVA OKTAVIYANDARI (26215085)
1EB20

1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan bisnis, menurut kelompok anda dan berikan 20 contoh bisnis nyata (universal).?
Jawab..
Bisnis adalah suatu kegiatan menjual barang atau jasa dengan tujuan untuk memperoleh laba.
Contohnya      :
Service Motor / Mobil
Tukang Jahit
Online shop
Toko Buku
Salon
Yayasan
Gojek
Barber shop
Restaurant
Toko Sepatu
Butik
Laundry
Pedagang
Penyalur Baby Sister
Supermarket
Toko Bangunan
Pasar Tradisional
Jasa Pengiriman Barang
Toko Sembako
Toko Mainan dan Asesoris


2.      Berikan alasan mengapa orang belajar bisnis dan jelaskan masing-masing alasan tersebut.?
Jawab..

  •   Mensejahterakan orang yang disekitar kita dengan cara membuka lapangan kerja baru yang akan berdampak pada orang-orang disekitarnya

  • Belajar untuk mendapatkan laba dari apa yang kita kerjakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

  • Untuk mengajarkan tentang kerja keras, dan memanfaatkan segala peluang yang ada untuk meraih kesukseskan dalam memperoleh bisnis.



3.      Jelaskan dengan 1 contoh nyata (UNIVERSAL) mengenai hakikat bisnis.?
Jawab..
Hakikat Bisnis adalah memasarkan suatu produk agar kita mendapatkan keuntungan. Produk itu bisa berupa barang ataaupun jasa.
Contohnya Rancangan Pemasaran Usaha cetak foto pada Kaos dan Mug.
Untuk mencapai keuntungan sesuai dengan hakikat bisnis, sebuah perusahaan harus dapat mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan apa saja yang akan terjadi. Seperti produk apa yang akan diminati banyak orang? ,berapa harga yang harus di bayar untuk membeli sebuah produk yang dijual.? Atau Lokasi mana sajakah yang strategis dalam melakukan pemasaran?
Banyak orang yang bingung untuk mengatasi masalah ini sehingga mereka tidak mau terjun dalam dunia wirausaha. Untuk mengatasi masalah itu, seperti yang dilakukan oleh perusahaan CV Media Foto dalam memasarkan produknya berupa Cetak foto pada Mug dan Kaos, mereka melakukan penjualan di tempat yang ramai seperti mall, plaza, atau tempat rekreasi. sebagai tahap pemulaan, maka perusahaan mengutamakan penjualan di wilayah jabodetabek dengan menawarkan kerjasama dengan usaha cuci cetak foto.
      Mengetahui arus kas sangat penting untuk mempertahankan bisnis agar berjalan normal. Perkiraan arus kas adalah rencana yang menunjukkan berapa kira-kira uang yang masuk dan keluar dari bulan ke bulan dalam jangka pendek.
Untuk menjalankan bisnis dengan baik, maka perusahaan harus mengetahui berapa banyak uang yang diterima, berapa banyak uang yang dikeluarkan, apa saja yang perlu di beli, dan kapan melakukan banyak transaksi. Catatan keuangan merupakan sebuah petunjuk kondisi perusahaan, karna dengan adanya catatan keuangan kita bisa mengetahui apakah selama ini kita telah mencapai hakikat bisnis atau belum. Perhitungan untuk melihat proyeksi usaha juga sangat penting untuk mencapai hakikat bisnis, Seperti yang dilakukan oleh perusahaan CV Media Foto, mereka memperhitungkan beberap hal yang penting seperti dibawah ini:
·         Foto Kilat diatas kaos dan mug pasti banyak peminatnya khususnya ditempat keramaiuan seperti mall, atau tempat wisata.
·         Modal sebesar 20.000.000 untuk membeli mesin cetak printer, computer dan kamera digital diperkirakan bisa balik paling lambat dalam waktu satu tahun.
Pengeluaran
URAIAN
PENGELUARAN  PER BULAN
Harga bahan baku Rp. 10.000/Kaos, mug Rp. 5.000/buah. Sehari dibutuhkan 10 kaos dan 10 mug.
Rp. 10.000 + Rp. 5000 = Rp. 15.000 X 10 X 30 hari
Rp. 4.500.000
Tinta Print perkaos dan mug masing-masing Rp. 3.000 jadi perbulan dibutuhkan tinta Rp. 3.000 X 20 X 30 =
Rp. 1.800.000
Gaji Karyawan
Rp. 1.000.000
Sewa Tempat
Rp. 1.000.000
Promosi dan lain-lain
Rp.   500.000
Total Pengeluaran
Rp.  8.800.000

Pendapatan
URAIAN
PENDAPATAN PER BULAN
Harga jual kaos Rp. 30.000, 10 buah terjual per hari:
Rp. 30.000 X 10 X 30
Rp. 9.000.000
Harga jual mug Rp. 20. 000/buah, terjual 10 buah per hari Rp. 20.000 X 10 X 30
Rp. 6. 000.000
Total Pendapatan
Rp. 15. 000.000

Dengan melihat perhitungan diatas :
keuntungan kotor yang bisa didapatkan sebesar Rp. 15.000.000- Rp. 8.800.000 = Rp. 6.200.000. dengan keuntungan sebsar itu maka dalam waktu 4 bulan saja sudah terkumpul keuntungan sebesar Rp. 6.200.000 X 4 = Rp. 24.800.000 yang artinya modal sebesar Rp. 20.000.000 sudah balik. Jika omsetnya separuh dari perhitungan diatas, maka sekitar 8 bulan sudah balik modal. Angka ini menunjukkan usaha tersebut snagatlah prospektif dan sudah sesuai hakikat bisnis.

4.      Sebutkan apa saja faktor lingkungan internal dan eksternal berikan alasan.?
Jawab..
Kegagalan atau keberhasilan suatu bisnis dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal.
A.                Faktor Internal
-          Kekuatan
-          Kelemahan
B.                 Faktor Eksternal
-          Peluang
-          Ancaman
Mengapa Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman berpengaruh  dalam kegagalan dan keberhasilan suatu bisnis? Bagaimana menentukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bisnis?
Misalkan suatu pengusaha memiliki modal yang memadai, maka hal tersebut bisa menjadi kekuatan bisnis pengusaha tersebut. Meskipun memiliki modal, tetapi sumber daya manusia yang pengusaha itu miliki terbatas, maka itulah yang menjadi sebuah kelemahan. Kekuatan menunjukkan berbagai sumber daya yang seseorang miliki dan sebaliknya kelemahan menunjukkan sumber daya yang belum seseorang miliki atau sumber daya yang dimiliki sifatnya kurang atau terbatas.
Demikian halnya dengan Peluang dan Ancaman, hanya saja kedua hal ini bersifat eksternal. Peluang menunjukkan hal-hal positif yang dapat mendukung kemajuan bisnis seseorang. Misalkan seperti tingkat kebutuhan masyarakat yang tinggi, adanya teknologi dan kebijakan pemerintah. Sementara ancaman menunjukkan hal-hal yang sifatnya negative yang dapat menghambat kemajuan suatu perusahaan, misalnya persaingan antar perusahaan. Selain itu ternyata faktor internal juga bisa menjadi ancaman untuk suatu perusahaan, mislanya seperti keterbatasan modal dan ketidakmampuan mengadopsi teknologi.
Oleh karna itu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman merupakan faktor yang mempengaruhi kegagalan dan keberhasilan suatu bisnis, selain itu dengan kita mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, selanjutnya kita bisa merumuskan strategi untuk menjalankan bisnis dan bersaing dalam memperebutkan pasar dengan pesaing lebih baik lagi.



Sumber:
Suharno,Bambang.2004.Bisnis Sambilan.Jakarta:PT Elex Media Komputindo.
Enterprise,Jubilee.2008.101 Tips for Woman Inc.Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar