Sabtu, 14 November 2015

PENGANTAR BISNIS MINGGU 6



PENGANTAR BISNIS MINGGU 6

DEWI NURJANAH (21215791)
RIVA OKTAVIYANDARI (26215085)
1EB20

1.       Sebutkan perbedaan pasar dan pemasaran

Jawab :
Pasar  secara umum dapat dikatakan bahwa, tempat pertemuan antara penjual dengan pembeli disebut pasar. Pengertian ini mengandung arti bahwa yang dimaksud dengan pasar adalah suatu tempat atau daerah yang didalamnya terdapat kekuatan-kekuatan permintaan dan penawaran yang saling bertemu untuk menentukan suatu harga.
Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, mempunyai uang untuk berbelanja dan mempunyai kemauan untuk membelanjakannya.
Pemasaran suatu system keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harg, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

2.       Jelaskan yang dimaksud dengan bauran pemasaran/ marketing mix ( Bukan Pengertiannya )

Jawab :
Bauran pemasaran / Marketing Mix adalah Kombinasi dari variable atau kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran yaitu : Produk, Harga, Promosi, dan Distribusi, atau sering disebut 4P (Product, Price, Promotion, Place). Atau bisa dikatakan bahwa Marketing Mix merupakan kumpulan variabel-variabel yang dapat digunakan perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen.

Untuk mencapai tujuan pemasaran, maka kempat unsur tersebut harus saling mendukung satu dengan yang lainnya atau dengan kata lain, menajemen harus berusaha agar variabel-variabel marketing Mix itu dat terpacu untuk emncapai ujuan yang elah ditetapkan perusahaan. Adi tidak hanya salah satu komponen saja yang di prioritaskan, tetapi apabila perushaan ingin memenuhi kebutuhan secara memuaskan maka harus didukung oleh keempat unsur tersebut.

1.      Produk.
Produk adalah setiap apa saja yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan.
Bauran Produk / Product Mix merupakan himpunan dari keseluruhan jalur produk dan produk yang ditawarkan oleh seseorang penjual tertentu untuk dijual kepada pembeli. Contohnya :suatu industri mempunyai tiga jalur produk : industry elektronika, industry alat rumah tangga, dan industry  pakaian olahraga. Di salam industry elektronika bisa dibagi menjadi sub jalur misalkan, pesawat radio, kipas angina, tape recorder, dsb.

2.      Harga
Harga adalah jumlah uang (ditambah beberapa produk kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang besrta pelayanan-nya. Bagi perusahaan, penetapan harga bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Seringkali perusahaan menetapkan harga terlalu berorientasi pada biaya dan kurang meninjau perubahan pasar. Prosedur penetapan harga ini untuk masing-masing perusahaan berbeda-beda. Pada perusahaan kecil, harga ditetapkan oleh manajemen puncak : sedangkan pada perusahaan besar, peneatpan harga bisa ditangani oleh manajer devisi atau manajer pemasaran/ penjualan.

3.      Promosi
Pemasaran pada masa sekarang ini tidak cukup hanya dengan pengembangan produk, peningkatan kualitas, penetapan harga yang terjangkau atau penyaluran produk yang tepat, tetapi terlebih lagi produsen harus dapat berkomunikasi dengan langganan-nya. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan promosi, pengiklanan, dsb. Jadi dapat dikatakan bahwa promosi mencakup semua kegiatan perusahaan untuk memperkenalkan produk dan bertujuan agar konsumen tertarik untuk membelinya. Promosi merupakan salah satu komponen Marketing Mix yang sangat penting untuk mendorong permintaan.

4.      Distribusi
Untuk memperluas daerah pemasaran dan agar produk cepat tersebar ke konsumen, maka perusahaan perlu segera menetapkan penggunaan saluran distribusi.
Fungsi Distribusi yaitu:
1.      Mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk perencanaan dan memudahkan pertukaran.
2.      Mengembangkan dan menyebarkan komunikasi mengenai tawaran.
3.      Melakukan pencarian dan berkomunikasi dengan calon pembeli.
4.      Membentuk dan menyesuaikan tawaran dengan kebutuhan pembeli. Misalnya kegiatan perakitan, pengemasan dsb.
5.      Mengusahakan perundingan untuk mencapai persetujuan akhir atas harga dan ketentuan lainnya mengenai  tawaran agar perpindahan pemilikan dapat terjadi.
6.      Melaksanakan pengangkutan dan penyimpanan produk.
7.      Mengatur distribusi dana untuk menutup biaya saluran distribusi.
8.      Menerima resiko dalam hubungan dengan pelaksanaan pekerjaan saluran pemasaran.


Sumber :

Sumarni, Murti dan Soeprihanto, John. 2013. Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi
Perusahaan). Yogyakarta: Liberty.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar